“ditepian kota itu (p)enak”

19 May 2018

Lemang yang Harus Ada Saat Tradisi Meugang

Haloo..prolognya apa ya hehe.., wah sudah lama tidak melanjutkan menulis di blog ini, terlebih sebenernya pengen bercerita yang masih ada kaitannya dengan SM3T di Aceh Selatan. Terakhir saya menulis di blog ini pada Februari 2017 yang lalu tentang asal usul legenda Tapaktuan, nama ibukota kabupaten yang saya tinggali selama 2015-2016. Masih banyak cerita yang ini saya bagikan, tetapi mood untuk konsisten menulis itu tidaklah selalu ada hehe..
Akan tiba saatnya bulan puasa, momen ini saya jadi teringat sebuah tradisi di Aceh. Meugang atau makmeugang merupakan suatu tradisi penyembelihan sapi, kerbau atau kambing masyarakat Aceh ketika mau memasuki bulan puasa, Idul Fitri dan Idul Adha. Kalau di Jawa, meugang sama seperti halnya kenduri atau genduren. Meski ada cara meugang lainnya yang pernah saya tulis sebelumnya, bisa dibaca di artikel meugang dengan maksud tolak bala.
Penyembelihan hewan pada tradisi meugang dilaksanakan ditempat yang mudah diakses semua warganya, contohnya di Masjid. Namun untuk daerah yang saya tinggali, di Gampong Lhokaman, Meukek, Aceh Selatan, tradisi meugang yang mau memasuki bulan puasa tidak dilaksanakan penyembelihan hewan, yang ada hanya tradisi membuat lemang, ziarah ke makam kerabat yang sudah meninggal dunia dan saling membagikan makanan ke sanak saudara. Berkah juga sih, dengan status sebagai pendatang dan tinggal bersama teman-teman yang masih lajang sehingga banyak datang kiriman dari tetangga dan murid-murid. Oiya untuk tradisi meugang sebelum bulan puasa penyembelihan hewan mungkin dibeberapa tempat sudah tidak dilaksanakan, tetapi sekarang sudah banyak yang jualan daging sapi dipasar-pasar ketika tradisi meugang jadi warga tinggal membeli di pasar.
Proses pembuatan lemang
bambu yang berisi ketan dan santan itu dimasak sampai mendidih
Makanan khas yang harus ada saat meugang yaitu lemang, lemang itu terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan dimasukan ke dalam bambu. Hampir bahkan wajib setiap rumah membuat makanan camilan ini. lemang tersebut dimasak sampai mendidih, biasanya sekitar 1-2 jam dengan nyala bara api yang stabil.
Kalau ini lemang ketela
lemang ketan yang telah dibuka
Lemang biasanya disajikan dengan tape ketan merah atau kalau musim durian bisa disajikan dengan buah durian. Jangan heran, karena dekat dengan kebun durian, terkadang sering diberi durian oleh tetangga atau murid, kalau mau beli pun murah, kurang lebih satu durian seharga 5 ribu - 10 ribu saja.
Proses pembuatan lemang seperti video dibawah ini..

Location: Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Copyright © #ndesolicious | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com