“ditepian kota itu (p)enak”

19 December 2014

"Embung Kleco" Sisi Baru dari Girimulyo

Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Wonosari memang seolah menyimpan keindahan yang lebih menawan. Bagaimana tidak, perkembangan kedua kabupaten ini dalam hal obyek wisatanya jauh melesat dari pada Kabupaten Bantul, Sleman dan Kotamadya Yogyakarta. Sepertinya memang sudah plotting dari stakeholdernya, kedua kabupaten tersebut dijadikan Kabupaten wisata, dan dua Kabupaten sisanya dijadikan daerah industri plus Kotamadyanya yang dijadikan pusat pemerintahan.
Hal ini nampak dari beberapa pembangunan embung yang berada di daerah Kulonprogo dan Wonosari. Seperti contoh embung didaerah Kalibawang Kulonprogo dan embung Nglanggeran yang berada di area gunung api purba wonosari. Satu lagi embung yang berada didaerah Dusun Ngesong, Kecamatan Girimulyo ini sedang berbenah untuk siap menjadi obyek yang tak kalah menarik dari pada embung lainnya.
Embung Kleco yang masih sepi
Embung ini dapat diakses melalui Tugu Jogja ke barat melewati jalan godean sampai ke perempatan Kentheng. Dari perempatan tersebut ke selatan sampai menemui pertigaan, ambil arah kanan atau kalau ke arah sentolo. Setelah pertigaan tadi, maka akan ketemu pertigaan lagi, kalau kanan arah Wates, ambil lurus saja arah Sribit. Arahkan perjalanan anda selanjutnya melewati Polsek Girimulyo (dari jalan tadi ambil kiri setelah jembatan), nanti akan menemui tugu Dusun Kwadas, lurus saja ikuti yang jalan turun arah desa Penggung. Ikuti jalan aspal sampai pada akhirnya akan sampai di persimpangan jalan masuk Embung Kleco. Nikmatilah perjalanan anda, sembari menghirup udara menoreh yang tak kita temui dikota.
Perempatan Kentheng, berhenti dulu langsung keselatan
Embung kleco yang belum diresmikan ini berada di koordinat 7°46'38.3"S 110°09'47.5"E , tapi berhubung lokasi ini masih terbilang baru, maps pun belum menampilkan view embung dari satelit, berbeda dengan embung kalibawang.
Perjalanan dari Tugu Jogja ke barat
Embung kleco ini sedang berbenah, terlihat dari beberapa pekerja sedang menyelesaikan bangunan disekitar embung tersebut.
"belum resmi", baru tersedia tempatnya saja
Dari atas bukit embung ini, pemandangan yang terlihat begitu lapang dengan menyuguhkan kehijauan alam wates.
Embung Kleco, embung mini yang berkelok
Dari atas bukit Embung Kleco
Perjalanan kebarat ini seolah terkesan dadakan. Direncanakan beberapa hari pun hasilnya mentah tak jalan-jalan, akhirnya pada hari Kamis, 18 Desember 2014 terbayar tuntas dengan ber sembilan kawan. Menyinggahi embung ini seperti perjalanan mengambil kitab suci ke barat. Bagaimana tidak, dari partisipan yang ikut, domisili saya paling pojok timur sendiri, hehe. Perkenalkan, dari sisi kiri adalah danu, ndaru, hendi, dimas (yang baru saja S.pd) , singgih (dia aseli wates), Farug (wong kito galo hehe..temannya hendi sama-sama dari palembang) dan yang terakhir adalah sering mucul itu adalah immas.
Boy Band embung Kleco hehe 

0 comments:

Post a Comment

Copyright © #ndesolicious | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com