“ditepian kota itu (p)enak”

23 December 2013

"Candi Abang" Bukit Teletabisnya Berbah

Minggu, 15 Desember 2013 minggu yang rencananya pengen mancal bersama temen temen rumah. Tapi apa daya, rencana malam hari yang telah disusun itu pun gagal lantaran tetangga ada sripah/yang meninggal. Po yo meh do ngepit nek tangga we ada sripahan, gak too?nah kui, pit-pitan ki fleksibel wae :) . Rencana yang semula ingin mencari jalan tembusan kedungpring menuju ke piyungan berganti menjadi menyinggahi bukit teletabis di daerah berbah sleman. Emang ada? yoo ada, itu namanya candi abang..
Bersama opang dan wahyu kami meluncur dari rumah yang berposisi di sitimulyo, sepeda diarahkan menuju ke utara, lewat jalan bintaran, turunan pencu menyusuri kali opak. Melewati dusun bintaran, akhirnya menemui juga situs payak yang dari dulu belum kesampaian tau seperti apa situs tersebut. Cuma kecil sih, tapi yo jenengen cagar budaya, pastinya dirawat. 
Setelah menyusuri kali opak, bintaran dan telah tiba di jalan raya jogja-wonosari, tepatnya di sebelah puskesmas piyungan (payak). Kemudian sepeda kami arahkan menuju timur sampai menemui SPBU kanan jalan (kalo dari arah barat) atau samping masjid at-taqwa payak, masuk jalan gang seberang masjid atau ambil kiri. Menuyusuri jalan yang diapit sawah dan pedesaan kami arahkan sepeda kami keutara kurang lebih 4 km. Lurus terus, nanti akan menemui pertigaan tapi tetep arahkan ke utara sampai akhirnya nanti ketemu perempatan, dari perempatan tersebut belok kanan, terlihat di samping jalan anda akan menemui gunung yang menjulang, mana candinya meen...drung ketook ndess.. Dari perempatan tersebut kurang lebih 1 km ada plakat arah candi abang/goa sentono, nah masuk saja..susuri jalan nanti akan dihapakan pada jalan yang ngrusak motor, karena jalannya licin dan bebatuan.
Akses jalan ini juga bisa ditempuh melalui perempatan sampaan (timur kidsfun). Kalau ambil rute ini, silahkan ambil kiri ketika di perempatan sampaan, ke utara terus sampai menemui tugu di tengah jalan (tugu opo yoo,sebenrang jalane ketoke bank BPD, nek ra salah hehe) . Dari tugu tersebut ambil kiri, dan arahkan perjalanan anda menuju timur, bablas terus wae masss, nanti ketemu kuburan yang kata warga kalo malam serem dan ada mitos mitos tersendiri. Nantinya juga sama, ketemu diperempatan barat candi yang tadi saya bicarakan kalo lewat payak.
Setelah jalan terjal menghadang kami, akhirnya sampai juga, Bukit teletabis meeen, ....




Sesampainya disana, ternyata juga ada pengunjung lainnya yang menikmati keindahan alam sing pacaran yo okeeh, pas merapi ketok wudele meen :D

model : opang haha


Ada yang tanya, mana candi abang nya?duuh jawab opo yoo "candinya kurugan (tertimbun) lemah abang mas, makanya dinamai candi abang" hhaha


 Yang mau gulung gulungan disana via navigasi bisa dilihat posisi  coordinat S7°48.624' E110°28.098'


0 comments:

Post a Comment

Copyright © #ndesolicious | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com