“ditepian kota itu (p)enak”

9 January 2014

"Cino Mati" kekiri jalan terus...

Rabu, 8 januari 2014 empat bocah kurang turu mengayuh sepeda membuktikan apakah jalan dari wonolelo itu bisa tembus piyungan tidak. Keempat orang tersebut adalah riyon sronto, opang, bedun plus saya. Maklum si riyon bar tuku pit anyar, njur ngajak test-drive munggah gunung. Rencana awal sih pengen nyepedaan ke kaliurang, tapi munggahe nunut truck yang mencari pasir merapi. Berhubung le do tangi telat, rencana itu akhirnya gagal total meen. Tak sampai disitu, akhirnya kami putuskan untuk bersepeda ngubengi gunung kaligathuk.
Yaap, keempat orang tersebut sudah siap mancal, dimulai dari dusun kami (ancer ancere pokoke kretek mbentoro) sepeda kami arahkan menuju ke selatan. Jalan lumayan sepi karena jalan tersebut merupakan jalan alternatif menuju ke jalan imogiri/pleret.
Melewati tanjakan gunung potro jiwo

Pertigaan pasar ngablak, ambil lurus saja
lokasi TPSP Piyungan ambil kiri, rute lumayan menanjak
Setelah sampai didaerah ngablak, pertigaan lurus saja, karena kalo belok kanan ke arah pleret. 100 meter dari pertigaan tersebut terdapat plang menuju ke TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terakhir) Piyungan, baca ceritanya disini.
ambil kiri lek, arah wonolelo/terong (dlingo)
Nah sampai pertigaan ambil kiri, pemandangan gunung sudah menjulang tinggi, itu meen gunung yang mau tak lewati. Sempat nyapa bapak bapak yang sedang leyeh leyeh diteras, beliau bilang "jos mas, cino mati wae kae jos". “Wahaha oke pak” tapi dalam hati bilang ora sik ndak semaput ning dalan. Perlu diketahui bahwa cino mati merupakan tanjakan yang kurang bersahabat.
Ujung dari jalan setelah pertigaan tadi, ambil kiri saja

Sedikit hadiah, berupa turunan :D
Naah ketemu lagi pertigaan, dari situ ambil kiri. Nantinya akan disuguhi turunan, itu sih awalnya, selanjutnya?yaa tanjakan. Inilah jalan yang harus ditempuh jika mau ke tanjakan cino mati, belok kanan, tapi kami dan rombongan ikut pedoman APPIL saja kayak dibangjo, "kekiri jalan terus" haha, nafase rung kuat leek :D

Kekiri jalan terus, kekanan?tanjakan cino mati pastinya
Sepanjang perjalanan sempat berpikir ada kalen (sungai kecil) yang mengalir, saya pikir dibalik gunung ini ada curug. Dan ternyata meen.... air terjun, eh dudu nding, banyu kalen yang mengalir, tapi spotnya bagus buat foto-foto.

air kalen yang seperti air terjun
Air terjun musiman
Bermula dari rasa ingin tahu, akhirnya tanya warga, ee ternyata gak ada air terjun, jare warga " yo mung musiman ngene mas banyune”. Yaah paak dikira ada air terjunnya :(
Tak jauh dari situ dihadapkan oleh tanjakan yang mengairahkan, wuuh bahasane haha..
Mengairahkan tanjakannya
Sepedanya sih anyar, tapi sing due rung palegh :D
Tanjakan itu merupakan tanjakan yang terakhir, jare warga..tapi ternyata masih ada tanjakan 1 lagi, setelah itu, merdeka meen, turunan :D
Nah merdeka, turunan didepan mata
ekses sik ben wangun :D
Dan akhirnya memang jalan wonolelo tembus piyungan, ini buktinya kedua pasang kekasih sedang pacaran,duuh deek koe kok sajake ngece..
duuh deek, kok mesra meen koe :D
Sakjane ki yang cewek malu, tapi yang cowok malah neleng-neleng
Jalan ini merupakan jalur  dari jl wonosari km 14, SMP N 1 Piyungan ke selatan. Nggak komplit kalo ke piyungan gak mampir bakwan kawi depan SMP. Maklum, dulu pernah sekolah disana 3 tahun, jadi yo kangen dengan mbah penjualnya :D

Mampir mbakwan kawi depan SMP N 1 Piyungan
Tinggal rute perjalanan pulang, dari SMP tersebut kami arahkan sepeda kami ke barat sampai ke perempatan sampaan (kidsfun). Nah dari perempatan tersebut ambil kiri (arah selatan) sampai menthok nemui jembatan mbentoro, jembaan nyabang, sampai deh dikampung halaman.

Catatan rute dan perjalanan dapat dilihat disini, salam bersepeda :D

1. duer! tak kiro meh melu pekok munggah cinomati, ra tau ne malah bablas cinomati ngelewati pos rondo toh?

1. kan manut appil, kekiri jalan terus mas hhaha mesake cah kui ndak mung sambat nek tak jak pit pitan meneh haha. sing dilewati akeh pos rondone :p tapi mbuh nglewati mbok rondo ora haha. pokoke tembusane jalan wonosari, kidul SMP N 1 Piyungan mas.